Irmaekayanti’s Blog

RPP PRAKTIKUM IRMA KELAS XI IPA

Posted on: Desember 15, 2008

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMA NEGERI 6 CIREBON
Mata Pelajaran : BIOLOGI
Kelas / Semester : XI / I
Waktu : 2 X 30 menit
Pertemuan ke – : 1 dan 2

1. Standar Kompetensi
Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan serta penerapannya dalam konteks salingtemas.
2. Kompetensi Dasar
a. Mendeskripsikan jaringan pada tumbuhan beserta fungsinya
b. Menjelaskan anatomi jaringan tumbuhan
3. Indikator Kompetensi
a. Membedakan berbagai jaringan pada tumbuhan (epidermis, korteks, kolenkim, sklerenkim, parenkim, xylem, floem, dan cambium)
b. Menunjukan letak epidermis, korteks, dan stele (silinder pusat)
4. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa mampu membedakan berbagai jaringan pada tumbuhan
b. Siswa mampu menunjukan letak epidermis, korteks, dan stele
5. Materi Standar
 Struktur dan letak jaringan
 Jaringan meristem
 Jaringan dewasa
6. Metode Pembelajaran
 Praktikum
 Demonstrasi
7. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan awal
 Cek absensi siswa
b. Kegiatan inti
 Guru menjelaskan cara kerja atau prosedur praktikum
 Guru menyuruh siswa untuk mengambil alat – alat yang akan digunakan untuk praktikum seperti mikroskop, kaca objek, kaca penutup, dan silet
 Setelah itu guru memberikan mendemonstrasikan cara mengiris secara melintang bahan yang sudah tersedia seperti : akar, batang, dan daun bayam. Daun roediscolor, akar, batang, jagung dan batang dan daun jarak (ricinus communis)
 Setelah itu suruh siswa untuk bekerja bersama kelompok untuk melihat jaringan yang ada pada tanaman
 Setelah itu siswa menggambarkan hasil yang mereka lihat dibawah mikroskop jaringan yang ada pada tumbuhan.
 Siswa melaporkan hasil penelitiannya sesuai format yang sudah diberikan guru dan menyimpulkannya
 Setelah selesai, guru memberikan klarifikasi dari hasil yang didapat siswa
c. Penutup
 Guru memberikan kesimpulan dari pembelajaran untuk memantapkan pemahaman siswa.
 Guru menyuruh kelompok yang mendapat tugas piket untuk membersihkan sampah diruangan laboratorium yang sudah digunakan.
8. Sumber Pembelajaran dan Media
 Laboratorium
 White board dan spidol
 Mikroskop
9. Penilaian
Penilaian dilakukan melalui penilaian proses, tes tertulis & tes lisan dan portopolio
a. Penilaian proses dilakukan melalui pengamatan pada saat peserta didik melakukan kegiatan mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa
b. Laporan hasil pengamatan yang dilakukan siswa baik laporan individu maupun laporan kelompok

Nama siswa Kognitif Afektif Psikomotorik Nilai Laporan

Dilaksanakan, Cirebon. Oktober 2008

Mengetahui

Guru Pamong, Praktikan,

(Drs. Wawan trisnawan) (Irma Ekayanti)
NIP. 131832575 NIM. 50540731

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMA NEGERI 6 CIREBON
Mata Pelajaran : BIOLOGI
Kelas / Semester : XI / I
Waktu : 2 X 30 menit
Pertemuan ke – : 1 dan 2

10. Standar Kompetensi
Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan serta penerapannya dalam konteks salingtemas.
11. Kompetensi Dasar
a. Mendeskripsikan jaringan pada hewan beserta fungsinya
b. Menjelaskan anatomi jaringan hewan
12. Indikator Kompetensi
a. Membedakan berbagai jaringan pada hewan (jaringan otot, jaringan ikat, jaringan epidermis, jaringan epitel)
b. Menunjukan letak jaringan pada hewan seperti jaringan epidermis, jaringan otot polos dan lainnya
13. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa mampu membedakan berbagai jaringan pada hewan
b. Siswa mampu menunjukan letak jaringan pada hewan
14. Materi Standar
 Struktur dan letak jaringan
 Jaringan hewan
15. Metode Pembelajaran
 Praktikum
 Demonstrasi
16. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan awal
 Cek absensi siswa
b. Kegiatan inti
 Guru menjelaskan cara kerja atau prosedur praktikum
 Guru menyuruh siswa untuk mengambil alat – alat yang akan digunakan untuk praktikum seperti mikroskop, kaca objek, kaca penutup, dan silet
 Setelah itu guru memberikan mendemonstrasikan cara mengamati preparat : preparat awetan ovarium mamalia, testis, jaringan epidermis, dan liver (hati ), dan jaringan otot polos.
 Setelah itu suruh siswa untuk bekerja bersama kelompok untuk melihat jaringan yang ada pada hewan berdasarkan tempat yang sudah disediakan, setiap anak dalam kelompok dibagi tugas untuk meneliti semua bahan yang ada sehingga senua anak bekerja sama untuk menyelesaikan tugas praktikum
 Setelah itu siswa menggambarkan hasil yang mereka lihat dibawah mikroskop jaringan yang ada pada tumbuhan.
 Siswa melaporkan hasil penelitiannya sesuai format yang sudah diberikan guru dan menyimpulkannya
 Setelah selesai, guru memberikan klarifikasi dari hasil yang didapat siswa
c. Penutup
 Guru memberikan kesimpulan dari pembelajaran untuk memantapkan pemahaman siswa.
 Guru menyuruh kelompok yang mendapat tugas piket untuk membersihkan sampah diruangan laboratorium yang sudah digunakan.
17. Sumber Pembelajaran dan Media
 Laboratorium
 White board dan spidol
 Mikroskop
18. Penilaian
Penilaian dilakukan melalui penilaian proses, tes tertulis & tes lisan dan portopolio
a. Penilaian proses dilakukan melalui pengamatan pada saat peserta didik melakukan kegiatan mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa
b. Laporan hasil pengamatan yang dilakukan siswa baik laporan individu maupun laporan kelompok
Nama siswa Kognitif Afektif Psikomotorik Nilai Laporan

Dilaksanakan, Cirebon. November 2008

Mengetahui
Guru Pamong, Praktikan,

(Drs. Wawan trisnawan) (Irma Ekayanti)
NIP. 131832575 NIM. 505

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • Tak ada
  • Mr WordPress: Hi, this is a comment.To delete a comment, just log in, and view the posts' comments, there you will have the option to edit or delete them.

Kategori

%d blogger menyukai ini: