Irmaekayanti’s Blog

RPP KELAS XI IPA

Posted on: Desember 15, 2008

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMA NEGERI 6 CIREBON

Mata Pelajaran : BIOLOGI

Kelas / Semester : XI / I

Waktu : 2 X 30 menit

Pertemuan ke – : 1 dan 2

1. Standar Kompetensi

Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan serta penerapannya dalam konteks salingtemas.

2. Kompetensi Dasar

a. Mendeskripsikan jaringan pada tumbuhan beserta fungsinya

b. Menjelaskan anatomi jaringan tumbuhan

3. Indikator Kompetensi

a. Membedakan berbagai jaringan pada tumbuhan (epidermis, korteks, kolenkim, sklerenkim, parenkim, xylem, floem, dan cambium)

b. Menunjukan letak epidermis, korteks, dan stele (silinder pusat)

c. Mendeskripsikan fungsi jaringan tumbuhan

d. Mendeskripsikan pengertian “jaringan”.

4. Tujuan Pembelajaran

a. Siswa mampu membedakan berbagai jaringan pada tumbuhan

b. Siswa mampu menunjukan letak epidermis, korteks, dan stele

c. Siswa mampu mendeskripsikan fungsi jaringan tumbuhan

5. Materi Standar

v Struktur dan letak jaringan

v Jaringan meristem

v Jaringan dewasa

6. Metode Pembelajaran

v Tanya jawab

v Index card short

v Ceramah

7. Kegiatan Pembelajaran

a. Kegiatan awal

§ Cek absensi siswa

§ Apersepsi : Tanya jawab mengenai pengertian jaringan untuk mengetahui pemahaman siswa.

b. Kegiatan inti

i. Pertemuan 1

§ Guru membagikan kertas sejumlah banyaknya siswa yang berisikan pasangan pertanyaan – jawaban mengenai materi yang akan disampaikan

§ Guru memberikan panduan dalam proses pembelajaran, lalu siswa disuruh mencari pasangan pertanyaan – jawaban

§ Setelah itu siswa yang sudah menemukan pasangannya, siswa disuruh menuliskannya dipapan tulis

§ Setelah itu suruh siswa yang telah berpasangan untuk mempresentasikan dari kebenaran jawaban.

§ Setelah selesai, guru memberikan klarifikasi dari jawaban dan memberikan penjelasan inti dari pembelajaran

ii. Pertemuan 2

a. Guru menjelaskan mengenai materi yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya.

b. Guru menerangkan tentang jaringan : jaringan meristem, jaringan dewasa.

c. Guru menerangkan jaringan meristem : meristem primer, meristem sekunder, meristem apical, meristem lateral dan meristem interkalar.

d. Guru menerangkan jaringan dewasa beserta fungsinya : epidermis, parenkim (jaringan dasar), sklerenkim dan kolenkim (jaringan penyokong), jaringan pengangkut (xylem dan floem), kambium

e. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.

f. Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa terhadap materi.

c. Penutup

§ Guru memberikan kesimpulan dari pembelajaran untuk memantapkan pemahaman siswa.

8. Sumber Pembelajaran dan Media

v Buku paket Biologi kelas XI IPA

v White board dan spidol

v Kertas

9. Penilaian

Penilaian dilakukan melalui penilaian proses, tes tertulis & tes lisan dan portopolio

a. Penilaian proses dilakukan melalui pengamatan pada saat peserta didik melakukan kegiatan.

b. Tes lisan dilakukan melalui tanya jawab tentang kegiatan yang baru dilakukan peserta didik sesuai dengan indikator kompotensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan tes tertulis dilakukan diakhir pokok bahasan.

c. Portopolio mencakup seluruh kegiatan peserta didik yang dikumpulkan untuk dijadikan bahan penilaian akhir.

Mengetahui, Dilaksanakan, ……………………….

Guru Pamong Praktikan

(Drs. Wawan trisnawan) (Irma Ekayanti)

NIP. 131832575 NIM. 50540731

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • Tak ada
  • Mr WordPress: Hi, this is a comment.To delete a comment, just log in, and view the posts' comments, there you will have the option to edit or delete them.

Kategori

%d blogger menyukai ini: